Pesantren Kilat Semarakkan Ramadhan Di SD Negeri Pangebatan Kecamatan Karanglewas

Oleh Humas
SHARE

Banyumas (Humas) - Kegiatan Pesantren Ramadhan di SDN Pangebatan Korwilcam Dindik Karanglewas, dimulai sejak 26 Maret 2024 hingga 28 Maret 2024. Sebanyak 322 siswa mengikuti kegiatan tersebut yang terbagi menjadi 2 kelompok. Kelompok atas terdiri rendah kelas 1-3, sedangkan kelompok tinggi adalah kelas 1-3 dengan tempat kegiatan yang berbeda. Kamis, (28/3)

Faiz Fathoni selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan bahwa, “Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari dimulai sejak hari Selasa yang lalu hingga Kamis hari ini yang merupakan hari terkahir kegiatan. Hari pertama, kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah SDN PAangebatan, Riyadi sekaligus memberi sambutan awal, setelah pelaksanaan kultum pagi dan salat Dhuha berjamaah di halaman sekolah.”

“Seluruh siswa dari kelas 1-6 semua mengikuti kegiatan tersebut. Setelah itu mereka melanjutkan mendengarkan Kultum Pagi yang disampaikan semua guru secara bergantian, ungkap Faiz Fathoni.

Senada dengan Faiz Fathoni, Bela Puja guru Pendidikan Agama Islam menambahkan, “Kegiatan Pesantren Ramadhan merupakan kegiatan rutin tiap  tahun SDN PAngebatan. Materi akan disampaikan oleh para ustad dan ustadah dari SDN Pangebatan serta pembicara dari luar SDN Pangebatan. “Di hari ketiga besok, akan diisi oleh Ustad Amin atau Kak Amin yang juga seorang pendongeng.”

“Untuk kegiatan Pawai Taaruf dilaksanakan menjelang memasuki Ramadhon, Kultum Pagi dilaksanakan selama bulan Ramadhan tiap pagi menjelang anak-anak mengikuti pembelajaran. Pesantren Ramadhon dilaksanakan selama 3 hari, di mana hari ke tiga akan diisi dengan kegiatan buka dan shalat Maghrib bersama. Namun sebelum acara buka bersama, anak-anak akan mendapatkan materi keagamaan yang dikemas melalui pementasan dongeng oleh Kak Amin dari Purwokerto Selatan,” imbuh Bela.

Riyadi Kepala SD Negeri Pangebatan menyampaikan, “Saya berharap kegiatan paesantren ini akan menyemarakan semangat amaliah Ramadhan untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan bagi anak-anak. Ia juga berpesan agar anak-anak dapat mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan ini sebaik-baiknya.”

“SD Negeri Pangebatan selama bulan Ramadhan ini melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan dan kerokhanian yang dikemas dalam berbagai acara. Rangkaian kegiatan rutin yang sudah dan akan berjalan selama Ramadhan diantaranya adalah Pawai Taaruf, Kultum Pagi, Pesantren Kilat, Buka dan salat Maghrib bersama, Shalat Duha di halaman sekolah, Pengumpulan dan pentasarufan zakat fitrah. hingga saat ini sedang dalam proses pengumpulan dari para siswa melalui amil zakat di SDN Pangebatan, pungkas Riyadi. (bela/jul)